You are here:

Selamat Datang di Situs KPU Kabupaten Mamuju

Rabu 13 Desember 2017

Profil Organisasi KPU Kabupaten Mamuju

E-mail Print PDF

Berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggara Pemilihan Umum dan Peraturan KPU Nomor 05 Tahun 2008 Tentang Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota serta Peraturan KPU Nomor 06 Tahun 2008 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2008 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum, Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi, dan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, KPU Kabupaten Mamuju merupakan bagian dari Komisi Pemilihan Umum, adalah penyelenggara Pemilu di Kabupaten Mamuju yang berkedudukan di ibukota Kabupaten Mamuju


Keanggotaan KPU Kabupaten Mamuju terdiri dari seorang ketua merangkap anggota dan empat orang anggota, dengan pembagian divisi, sebagai berikut :

  1. Divisi Perencanaan Program dan Data;
  2. Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu;
  3. Divisi Keuangan dan Logistik;
  4. Divisi Hukum;
  5. Divisi Sosialisasi dan SDM.


Dalam melaksanakan tugasnya KPU Kabupaten Mamuju dibantu oleh Sekretariat yang dipimpin oleh seorang Sekretarisyang bertanggungjawab kepada KPU Kabupaten Mamuju

Berdasarkan Pasal 17 PKU Nomor 06 Tahun 2008, Sekretariat KPU Kabupaten/Kota mempunyai tugas :

  1. Membantu penyusunan program dan anggaran Pemilu;
  2. Memberikan dukungan teknis administratif;
  3. Membantu pelaksanaan tugas KPU Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan Pemilu;
  4. Membantu pendistribusian perlengkapan penyelenggaraan Pemilu Anggota DewanPerwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah,
  5. dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi;
  6. Membantu perumusan dan penyusunan rancangan keputusan KPU Kabupaten/Kota;
  7. Memfasilitasi penyelesaian masalah dan sengketa Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten/Kota;
  8. Membantu penyusunan laporan penyelenggaraan kegiatan dan pertanggungjawaban KPU Kabupaten/Kota; dan
  9. Membantu pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.


Berdasarkan Pasal 18 PKU Nomor 06 Tahun 2008, Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17, Sekretariat KPU Kabupaten/Kota menyelenggarakan fungsi:

  1. Membantu penyusunan program dan anggaran Pemilu di Kabupaten/Kota;
  2. Memberikan pelayanan teknis pelaksanaan Pemilu di Kabupaten/Kota;
  3. Memberikan pelayanan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, anggaran, dan perlengkapan Pemilu di Kabupaten/Kota;
  4. Membantu perumusan dan penyusunan rancangan keputusan KPU Kabupaten/Kota;
  5. Membantu perumusan, penyusunan dan memberikan bantuan hukum serta memfasilitasi penyelesaian sengketa Pemilu di Kabupaten/Kota;
  6. Membantu pelayanan pemberian informasi Pemilu, partisipasi dan hubungan masyarakatdalam penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten/Kota;
  7. Membantu pengelolaan data dan informasi Pemilu di Kabupaten/Kota;
  8. Membantu pengelolaan logistik dan distribusi barang/jasa keperluan Pemilu di Kabupaten/Kota;
  9. Membantu penyusunan kerjasama antar lembaga di Kabupaten/Kota;
  10. Membantu penyusunan laporan penyelenggaraan Pemilu dan pertanggungjawaban KPU Kabupaten/Kota.


Berdasarkan  Pasal 19 PKU Nomor 06 Tahun 2008, Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada Pasal 17, Sekretariat KPU Kabupaten/Kota berwenang:

  1. Mengadakan dan mendistribusikan perlengkapan penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten/Kota
  2. berdasarkan norma, standar, prosedur, dan  kebutuhan yang ditetapkan oleh KPU;
  3. Mengadakan perlengkapan penyelenggaraan Pemilu sebagaimana dimaksud pada huruf a sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  4. Mengangkat pejabat fungsional dan tenaga profesional berdasarkan kebutuhan atas persetujuan KPU Kabupaten/Kota; dan
  5. Memberikan layanan administrasi, ketatausahaan, dan kepegawaian sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan  Pasal 20 PKU Nomor 06 Tahun 2008, Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada Pasal 17, Sekretariat KPU Kabupaten/Kota berkewajiban :

  1. Menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan;
  2. Memelihara arsip dan dokumen Pemilu; dan
  3. Mengelola barang inventaris KPU Kabupaten/Kota.

 

Last Updated ( Selasa, 16 Juni 2015 04:03 )  

KPU Kabupaten Mamuju

Sedang Online

We have 12 guests online

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini51
mod_vvisit_counterHari kemarin65
mod_vvisit_counterMinggu ini301
mod_vvisit_counterMinggu lalu455
mod_vvisit_counterBulan ini854
mod_vvisit_counterBulan lalu2067
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung197310

Link Terkait


Copyright © 2015 by Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju
Jl. Jenderal Sudirman (Kompleks Perumahan Graha Nusa) Mamuju - Sulawesi Barat 91512

www.kpud-mamujukab.go.id e-mail: kpukabmamuju@yahoo.co.id